Sabtu, 11 Januari 2014

GRAPH 4.3

Oleh : Kurniasih Try Utami

GRAPH 4.3

Graph  merupakan software matematika yang digunakan untuk menggambar grafik fungsi di sistem koordinat dengan fitur yang lengkap.
Dibawah ini adalah langkah – langkah dalam menggunakan Graph 4.3 


Grafik Fungsi Kuadrat :
1.      Bukalah aplikasi Graph 4.3 yang sudah terinstal, maka tampilan awal untuk aplikasi Graph 4.3 adalah seperti gambar dibawah ini : 


2.      Lalu Klik Function – Insert function 


Maka akan muncul gambar seperti gambar dibawah ini


Masukkan function equation dengan fungsi kuadrat (contoh : x^2– 6x+5) lalu klik OK. 


3.      Untuk menentukan titik potong pada x = 1 klik Calc – evaluate. 


Maka akan muncul garis titik – titik lalu arahkan dimana titik potong tersebut berada. Substitusi x = 1 , maka diketahui x = 1 dan y = 0




4.      Untuk membuat titik klik Function – Insert Point series – masukkan x = 1 dan y = 0 lalu OK. 




5.      Lakukan hal yang sama untuk x = 5 dan y = 0


6.      Untuk menentukan titik potong pada sumbu y klik Calc – evaluate. Maka akan muncul garis titik – titik lalu arahkan dimana titik potong tersebut berada hingga x = 0 dan f(x)=5. 


7.      Untuk membuat titik klik Function – Insert Point series – masukkan x = 0 dan y = 5 lalu OK. 


8.      Lakukan hal yang sama untuk mencari titik puncak seperti mencari titik potong x dan y . 




Grafik fungsi Sinus dan Cosinus :
 
1.      Klik Function – Insert function
Masukkan function equation dengan fungsi kuadrat (contoh : sin (x) ) lalu klik OK. 





2.      Untuk menggambar lingkaran klik Function – Insert Relation – Relation : x^2 + y^2 = 9 






3.      Untuk merubah sumbu koordinat Klik Edit –> Axes –> y = axes –> min = -10 max = 10 -> Tick unit = 1 dan grid unit = 1 





4.      Buatlah grafik baru Untuk menghitung luas daerah
5.      klik Function – Insert Function – function type = polar function - f(x) = 4 + 4cos (t) 



6.      Klik Calc – Area 


From = 0 ; to = 8 ( menghitung luas seluruhnya )


From = 0 ; to = 4 ( menghitung luas bagian atas )


From = 0 ; to = -4 ( menghitung luas bagian bawah )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar