Minggu, 12 Januari 2014

ALGEBRATOR 4.2

Oleh : Kurniasih Try Utami



ALGERATOR 4.2 

Algebrator versi 4.2 merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk  menyelesaikan masalah pada aljabar. Algebrator tidak hanya menyajikan penyelesaian maslah saja tetapi juga langkah-langkah penyelesaiannya. Namun, penjelasan dalam langkah tersebut dijelaskan dalam bahasa Inggris. Algebrator merupakan salah satu sofware program aljabar yang paling kuat yang pernah dikembangkan untuk mengatasi masalah aljabar Anda yang paling sulit. Software ini dapat digukan oleh mahasiswa, guru, pekerja profesional dan lembaga-lembaga pendidikan saat ini, yang akan melaksanakan pembelajaran aljabar.
Dibawah ini adalah langkah – langkah menggunakan algebrator 4.2 : 

Menentukan Faktor atau Pemfaktoran
1.      Tampilan utama dari aplikasi Algebrator 4.2 

2.      Klik New untuk memulai pekerjaan 


3.      Tulislah x^2 – 6x + 5 = 3. Maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini : 

4.      Klik Visibility , klik All Show Every Step, kemudian klik solve all 



Maka akan muncul seperti gambar berikut : 

5.    Jika ingin memunculkan jawaban atau penyelesaian secara bertahap maka klik solve step , maka akan muncul seperti gambar : 

Menentukan pemfaktoran dengan beberapa cara
1.      Klik New untuk memulai pekerjaan
2.      Tulislah 2x – y = 4. Maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini : 

3.   Untuk menentukan cara atau macam – macam cara dengan mengklik Solution – setting – kemudian klik Cramer rule – OK. 


4.      Setelah itu untuk melihat semua jawaban secara langsung solve all. 

5.      Untuk mengetahui cara Cramer klik explain 


Menentukan Persamaan Lingkaran
1.      Klik New untuk memulai pekerjaan
2.      Tulislah x^2 + y^2 – 4x + 6y -37 = 0. Maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini : 

3.   Untuk melihat hasil jawaban maka klik graph all, maka akan muncul penjabaran dan gambar. 

Geometri Analitik
1.      Tentukan koordinat titik yang berada di koordinat (5,6) dan (2,4)
2.      Klik Wizard – Line – Next – Midpoint of Line Joining two Points – OK 


3.      Kemudian akan terlihat kotak pengisian , maka diisi x1 = 5 dan y1 = 6 ; x2 = 2 dan y2 = 4

4.      Klik Solve all , maka akan muncul hasil jawabannya. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar