TUTORIAL SKETCH
PAD
Geometer’s Sketchpad adalah software matematika dinamis yang dapat digunakan untuk mempelajari geometri, aljabar, kalkulus, dan lain sebagainya. Sketch Pad merupakan sistem penggunaan yang menggambar, menarik sebagai roman medium komunikasi untuk suatu komputer. Sistem berisi masukan, keluaran, dan perhitungan program yang mana memungkinkan untuk menginterpretasikan informasi yang menarik secara langsung pada suatu komputer.
Berikut ini langkah - langkah membuat bangun datar dengan menggunakan Sketch Pad :
A.
Cara membuat trapesium dengan
SketchPad
Langkah-langkah
:
1.
Buka aplikasi Skecthpad yang
sudah diinstal. Maka akan telihat tampilan Skecthpad seperti gambar dibawah ini
:
2.
Buatlah garis AB dengan
menggunakan Straightedge Tool.
Maka akan terbentuk garis seperti gambar
dibawah ini :
3.
Beri nama pada masing-masing
ujung garis titik tersebut dengan cara klik kanan pada masing – masing titik
lalu klik Show Label.
Maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini
:
4.
Lalu klik Construct-Midpoint untuk
membuat titik tengah pada garis AB (cat : Klik terlebih dahulu garis AB - Construct-Midpoint)
5.
Lalu klik Compass Tool untuk
membuat lingkaran dengan pusat titik A sepanjang jari – jari AC. Lalu dengan
pusat titik B sepanjang jari – jari BC. Dan dengan pusat titik C sepanjang jari
– jari CB.
6.
Lalu klik Construct-Intersection
untuk membuat titik perpotongan
antara lingkaran A, lingkaran B, dan lingkaran C (cat : Klik terlebih
dahulu lingkaran tersebut - Construct-Intersection ). Beri nama pada masing
– masing titik.
7.
Untuk menyembunyikan lingkaran
serta dua titik perpotongan yang terletak dibawah klik CTRL+H
8.
Lalu hubungkan titik – titik
tersebut dengan menggunakan Straightedge Tool.
B.
Cara membuat belah ketupat dengan
SketchPad
Langkah-langkah
:
1. Buatlah
garis AB dengan menggunakan Straightedge Tool. Lalu beri nama pada
masing – masing titik.
2. Lalu klik Compass
Tool untuk membuat lingkaran dengan pusat titik A sepanjang jari – jari AB.
Lalu dengan pusat titik B sepanjang jari – jari BA.
3. Lalu klik Construct-Intersection
untuk membuat titik perpotongan
antara lingkaran A dan lingkaran B. Lalu beri nama pada masing-masing
titik perpotongan tersebut.
4. Untuk
menyembunyikan keduan lingkaran tersebut klik CTRL+H
5. Lalu
hubungkan titik – titik tersebut dengan menggunakan Straightedge Tool.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar