Rabu, 18 Desember 2013

SKETCH PAD

oleh : Kurniasih Try Utami



TUTORIAL SKETCH PAD

Geometer’s Sketchpad adalah software matematika dinamis yang dapat digunakan untuk mempelajari geometri, aljabar, kalkulus, dan lain sebagainya. Sketch Pad merupakan sistem penggunaan yang menggambar, menarik sebagai roman medium komunikasi untuk suatu komputer. Sistem berisi masukan, keluaran, dan perhitungan program yang mana memungkinkan untuk menginterpretasikan informasi yang menarik secara langsung pada suatu komputer. 
Berikut ini langkah - langkah membuat bangun datar dengan menggunakan Sketch Pad : 
 
A.        Cara membuat trapesium dengan SketchPad
Langkah-langkah :
1.         Buka aplikasi Skecthpad yang sudah diinstal. Maka akan telihat tampilan Skecthpad seperti gambar dibawah ini : 


2.         Buatlah garis AB dengan menggunakan Straightedge Tool. 


Maka akan terbentuk garis seperti gambar dibawah ini : 


3.         Beri nama pada masing-masing ujung garis titik tersebut dengan cara klik kanan pada masing – masing titik lalu klik Show Label. 


Maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini : 


4.         Lalu klik Construct-Midpoint untuk membuat titik tengah pada garis AB (cat : Klik terlebih dahulu garis AB - Construct-Midpoint)


5.         Lalu klik Compass Tool untuk membuat lingkaran dengan pusat titik A sepanjang jari – jari AC. Lalu dengan pusat titik B sepanjang jari – jari BC. Dan dengan pusat titik C sepanjang jari – jari CB.







6.         Lalu klik Construct-Intersection untuk membuat titik perpotongan  antara lingkaran A, lingkaran B, dan lingkaran C (cat : Klik terlebih dahulu lingkaran tersebut - Construct-Intersection ). Beri nama pada masing – masing titik. 




7.         Untuk menyembunyikan lingkaran serta dua titik perpotongan yang terletak dibawah klik CTRL+H


8.         Lalu hubungkan titik – titik tersebut dengan menggunakan Straightedge Tool. 


B.        Cara membuat belah ketupat dengan SketchPad
Langkah-langkah : 
1.      Buatlah garis AB dengan menggunakan Straightedge Tool. Lalu beri nama pada masing – masing titik. 


2.      Lalu klik Compass Tool untuk membuat lingkaran dengan pusat titik A sepanjang jari – jari AB. Lalu dengan pusat titik B sepanjang jari – jari BA.


3.      Lalu klik Construct-Intersection untuk membuat titik perpotongan  antara lingkaran A dan lingkaran B. Lalu beri nama pada masing-masing titik perpotongan tersebut. 


4.      Untuk menyembunyikan keduan lingkaran tersebut klik CTRL+H


5.      Lalu hubungkan titik – titik tersebut dengan menggunakan Straightedge Tool. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar