CARA MENGGUNAKAN CARMETAL
Carmetal adalah CaRMetal
adalah program geometri interaktif yang mewarisi mesin CaR . Perangkat lunak
yang telah dibuat oleh Eric Hakenholz , di Jawa ( bahasa ) .
Konstruksi yang dilakukan dengan menggunakan palet utama , yang berisi beberapa
shortcut konstruksi berguna di samping kompas dan penggaris alat standar . ini
termasuk garis-berat , lingkaran melalui tiga titik , circumcircular busur
melalui tiga titik , dan irisan kerucut melalui lima poin . Juga menarik adalah
lokus , fungsi , kurva parametrik , plot implisit ketebalan . Element , warna ,
label , dan atribut lainnya ( termasuk yang disebut properti magnetik ) dapat
diatur dengan menggunakan panel yang terpisah . CaRMetal juga mendukung palet
konstruksi dibatasi dikonfigurasi dan memiliki kemampuan tugas , yang
menggunakan fitur tampaknya unik yang disebut Monyet .
Dibawah ini
langkah – langkah menggunakan Carmetal :
·
Membuat
Persegi melalui Lingkaran
1. Buka
software CarMetal, akan muncul gambar seperti di bawah ini
2. Untuk membuat persegi pada
software CarMetal, buatlah garis misal kita namakan dengan garis AB dengan mengklik segment (s) --> . Seperti pada gambar di bawah ini :
Atau
dengan mengklik Construction – Segments seperti gambar dibawah ini :
3. Tarik
garis dari titik awal ke titik akhir seperti gambar di bawah ini :
4. Klik Edit
– Rename untuk memberi nama pada titik – titik yang sudah dibuat. (Klik
pada masing – masing titik)
5. Langkah
berikutnya, buatlah lingkaran dengan mengklik Circle ( c ) --> . Dengan jari - jari
sepanjang garis AB dengan Pusat di titik A. Seperti nampak pada dibawah ini :
Atau dengan mengklik Construction
– Circle seperti gambar dibawah ini :
6. Kemudian,
klik perpendicular Line ( ) . Dengan klik garis AB
lalu klik titik A. Lihat gambar :
Atau dengan mengklik Construction
– Circle seperti gambar dibawah ini :
7. Klik
intersection ( ) pada perpotongan garis A dengan lingkaran .
kemudian beri titik C seperti :
8. Langkah
berikutnya, buatlah lingkaran dengan panjang jari-jari AB dan pusatnya pada
titik B
menggunakan Circle. seperti pada gambar dibawah ini :
9. Dan
buatlah lingkaran dengan panjang jari-jari AC dengan pusat titik C. dengan
menggunakan circle ( c ).
10. Buat
titik pada perpotongan kedua lingkaran yang baru dengan menggunakan Intersection
11. Kemudian sembunyikan lingkaran-lingkaran dengan mengklik hide ( ) , dan hanya tersisa titik-titik ABCD.
Seperti pada gambar dibawah ini :
12. Selanjutnya,
klik segment (s) pada garis AB, BC, CD, CA . seperti pada gambar dibawah ini :
13. Membuat
sudut pada persegi. Dengan mengklik angle () , kemudian kita klik titik
searah dengan jarum jam. Misal : klik titik ACD, CDB , DBA, BAC. Seperti pada
gambar di bawah ini :
* Jajar
Genjang
1.
Buatlah
panjang alas jajar genjang dengan mengklik “Segment with fixed length (#)”
misalnya panjang alasnya 6, dan akan menjadi seperti gambar di bawah ini :
2.
Kemudian
buatlah sisi miring dengan panjang 3, klik “Segment with fixed length (#)” akan
muncul seperti gambar di bawah ini :
3.
Lalu
buatlah garis sejajar alas dan garis sejajar miringnya, dengan klik “Parallel
line (1)”, akan muncul seperti gambar di bawah ini :
4.
Berilah
titik pada perpotongan garis yang sejajar tersebut, klik “Point (p)”, serta berilah
nama titik – titik tersebut, klik “Edit-Rename
(b)”, dan akan menjadi seperti gambar di bawah ini:
5.
Mengetahui
sudut dalam jajar genjang, klik “Angle (a)”, jika ingin mencari sudut A maka
klik titik D-A-B dan sudut B maka klik titik A-B-C lalu sudut C maka klik titik
B-C-D, sedangkan sudut D maka klik titik C-D-A kemudian akan muncul gambar
seperti dibawah ini :
6. Menghitung
luas jajar genjang ABCD, klik “Polygon (0)”, klik pada titik A – B – C – D – A
maka akan muncul seperti gambar dibawah ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar