Minggu, 08 Desember 2013

CABRI GEOMETRI II PLUS

oleh : Kurniasih Try Utami


MEMBUAT GARIS SINGGUNG  MENGGUNAKAN CABRI GEOMETRI II PLUS

Dikembangkan untuk  sekolah menengah pertama dan pelajar sekolah menengah atas, software ini memungkinkan siswa untuk secara langsung memanipulasi obyek matematika (aljabar, analisis, geometri, trigonometri ) atau fisik objek (mekanik, optik.) Sehingga siswa dapat lebih mudah memahami konsep-konsep.
Dengan menggunakan Cabri ini  dapat melihat animasi yang interaktif sehingga membuat anak lebih menyenangkan dan memahami suatu konsep.
produk-produk cabri ini adalah:
1.                  Cabri 3D merupakan software untuk objek tiga dimensi.
2.                  Cabri II Plus merupakan software untuk geometri, trigonometri dll.
3.                  Cabri Junior merupakan bentuk kalkulator yang bisa di transfer pada komputer
Di bawah ini adalah penggunaan CABRI GEOMETRY II PLUS dalam membuat garis singgung :


A.     Garis Singgung Melalui Satu Titik Pada Lingkaran
1.      Buatlah lingkaran menggunakan Circle dengan diameter yang diinginkan.



2.      Beri nama titik pusat S dengan menggunakan Label.


 

3.      Buatlah garis lurus dari titik pusat S ke T dengan menggunakan Segment.


 Hingga terlihat seperti gambar dibawah ini :


4.      Lakukan penamaan pada titik S dengan cara yang sama menggunakan Label.
5.   Buatlah titik potong lingkaran dengan garis ST menggunakan Intersection Point. Lakukan dari garis ST dan lingkaran. 


Beri nama titik potong tersebut dengan menggunakan Label. ( Misal U )


6.  Buatlah lingkaran melalui titik U dengan Circle, lalu buat titik potong lingkaran tersebut dengan menggunakan Intersection Point, dan beri nama titik-titik potong tersebut dengan menggunakan Label (Misal A dan B). Setelah itu sembunyikan lingkaran yang kedua dengan menggunakan Hide/Show. Klik pada lingkaran kecil.


7.    Buatlah lingkaran melalui titik A dan titik B dengan jari-jari AB dengan menggunakan Circle.



8.  Buatlah titik perpotongan kedua lingkaran tersebut menggunakan Intersection Point beri nama C dan D lalu sembunyikan kedua lingkaran-lingkaran tersebut dengan menggunakan Hide/Show.


9.   Buatlah garis dengan menggunakan Segment dari titik C ke D. CD adalah garis singgung melalui satu titik pada lingkaran.



B.     Garis Singgung melalui Titik di Luar Lingkaran
1.  Buatlah lingkaran menggunakan Circle dengan diameter yang diinginkan. Beri nama titik pusat lingkaran O menggunakan Label. Buatlah titik di luar lingkaran menggunakan Point






2.     Beri nama P pada titik tersebut dengan menggunakan Label, kemudian tarik garis dari titik O ke titik P dengan menggunakan Segment.


3.      Buatlah titik tengah garis OP dengan menggunakan Midpoint. Klik pada garis OP. 


4.  Beri nama titik tengah tersebut dengan Label Q. Lalu buatlah lingkaran dengan menggunakan Circle pada titik Q dengan jari-jari QO. Buatlah titik potong lingkaran yang pertama dengan lingkaran yang kedua dengan Intersection Point dan beri Label A dan B.


5.      Sembunyikan lingkaran kedua dengan menggunakan Hide/Show.


6.      Buatlah garis dengan menggunakan Segment dari titik A ke titik P dan dari titik B ke titik P. Garis tersebut adalah garis singgung melalui titik di luar lingkaran.


C.      Garis Singgung Persekutuan Luar
1.      Buatlah 2 lingkaran dengan menggunakan Circle, beri nama titik pusat lingkaran pertama A dan titik pusat lingkaran kedua B dengan menggunakan Label.


2.   Tarik garis dari titik A ke titik B dengan Segment. Lalu buatlah titik tengah dari garis AB menggunakan Midpoint. Beri nama titik tengah tersebut O menggunakan Label.


3.  Buatlah lingkaran dengan pusat O dengan jari-jari  OA menggunakan Circle. Lalu hitung jari-jari lingkaran A dan lingkaran B menggunakan Distance or Length. Klik titik A lalu klik lingkarannya, maka itulah jari-jarinya. Lakukan hal yang sama untuk lingkaran B.


4.  Hitunglah selisih dari jari-jari lingkaran A dan jari lingkaran B dengan menggunakan Calculate. Klik panjang jari-jari lingkaran A dikurang panjang jari-jari lingkaran B, maka akan muncul hasilnya.



5.   Buatlah lingkaran melalui titik A dengan jari-jari sesuai selisih jari-jari kedua lingkaran awal.



6.     Buatlah titik potong lingkaran tersebut dengan lingkaran yang berpusat di O menggunakan Intersection Point. Beri Label P, Q, R, dan S.



7.   Sembunyikanlah lingkaran yang berpusat di titik O dan lingkaran dari hasil selisih kedua lingkaran awal serta ukuran panjang jari-jarinya menggunakan Hide Show.



8.   Tarik garis dari titik A ke titik Q lalu ke titik P dan dari titik A ke titik R lalu ke titik S menggunakan Segment.


9.   Buatlah lingkaran dari titik P dengan jari-jari sepanjang PB, begitu juga dari titik S sepanjang SB. Lalu buatlah titik potong dari lingkaran-lingkaran tersebut dengan lingkaran yang berpusat di titik B, beri Label T dan U.


10.  Sembunyikanlah kedua lingkaran tersebut.


11.  Tarik garis dari titik T ke titik B, lalu dari titik B ke titik U. Kemudian tarik garis dari titik P ke titik T, dan dari titik S ke titik U dengan menggunakan Segment. Garis tersebut adalah garis singgung persekutuan luar.


D.     Garis Singgung Persekutuan Dalam
1.      Buatlah 2 lingkaran dengan menggunakan Circle, beri nama titik pusat lingkaran pertama H dan titik pusat lingkaran kedua I dengan menggunakan Label.


2.   Tarik garis dari titik H ke titik I dengan Segment. Lalu buatlah titik tengah dari garis HI menggunakan Midpoint. Beri nama titik tengah tersebut O menggunakan Label.


3.      Buatlah lingkaran dengan pusat O dengan jari-jari  OH. Lalu hitung jari-jari lingkaran H dan lingkaran I menggunakan Distance or Length. Klik titik H lalu klik lingkarannya, maka itulah jari-jarinya. Lakukan hal yang sama untuk lingkaran I.


4.  Hitunglah jumlah dari jari-jari lingkaran H dan jari lingkaran I dengan menggunakan Calculate. Klik panjang jari-jari lingkaran H ditambah panjang jari-jari lingkaran I, maka akan muncul hasilnya. Lalu buatlah lingkaran melalui titik H dengan jari-jari sesuai hasil jumlah jari-jari kedua lingkaran awal.


5.      Buatlah titik potong lingkaran tersebut dengan lingkaran yang berpusat di O menggunakan Intersection Point, beri Label A dan B.



6.  Tarik garis dari titik H ke titik A, dan dari titik H ke titik B menggunakan Segment. Lalu buatlah titik perpotongan dari kedua lingkaran yang berpusat di titik H menggunakan Intersection Point, dan beri ­Label C dan D.



7.   Sembunyikanlah lingkaran yang berpusat di titik O dan lingkaran kedua yang berpusat di titik H. Lalu buatlah lingkaran dengan pusat C dengan jari-jari sepanjang CI, begitu juga lingkaran dengan pusat D dengan jari-jari sepanjang DI. Buatlah titik perpotongan lingkaran tersebut menggunakan Intersection Point, lalu beri Label E dan F.



8.    Sembunyikanlah kedua lingkaran tersebut. Lalu tarik garis dari titik E ke titik I lalu dari titik I ke titik F. Kemudian tarik garis dari titik C ke titik F dan dari titik D ke titik E dengan menggunakan Segment. Garis tersebut adalah garis singgung persekutuan dalam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar