MEMBUAT GARIS SINGGUNG
MENGGUNAKAN CABRI GEOMETRI II PLUS
Dikembangkan untuk sekolah menengah pertama dan pelajar sekolah menengah atas,
software ini memungkinkan siswa untuk
secara langsung memanipulasi obyek matematika (aljabar, analisis, geometri, trigonometri ) atau fisik objek (mekanik,
optik.) Sehingga siswa dapat lebih mudah memahami konsep-konsep.
Dengan menggunakan Cabri ini dapat melihat animasi yang interaktif sehingga membuat anak lebih menyenangkan dan memahami suatu konsep.
Dengan menggunakan Cabri ini dapat melihat animasi yang interaktif sehingga membuat anak lebih menyenangkan dan memahami suatu konsep.
produk-produk cabri ini adalah:
1.
Cabri 3D
merupakan software untuk objek tiga dimensi.
2.
Cabri II
Plus merupakan software untuk geometri, trigonometri dll.
3.
Cabri Junior
merupakan bentuk kalkulator yang bisa di transfer pada komputer
Di bawah ini adalah penggunaan
CABRI GEOMETRY II PLUS dalam membuat garis singgung :
A.
Garis
Singgung Melalui Satu Titik Pada Lingkaran
1. Buatlah
lingkaran menggunakan Circle dengan
diameter yang diinginkan.
2. Beri nama
titik pusat S dengan menggunakan Label.
3. Buatlah
garis lurus dari titik pusat S ke T dengan menggunakan Segment.
Hingga terlihat seperti gambar dibawah ini :
4. Lakukan
penamaan pada titik S dengan cara yang sama menggunakan Label.
5. Buatlah
titik potong lingkaran dengan garis ST menggunakan Intersection Point. Lakukan dari garis ST dan lingkaran.
Beri nama titik potong tersebut dengan
menggunakan Label. ( Misal U )
6. Buatlah
lingkaran melalui titik U dengan Circle,
lalu buat titik potong lingkaran tersebut dengan menggunakan Intersection Point, dan beri nama
titik-titik potong tersebut dengan menggunakan Label (Misal A dan B).
Setelah itu sembunyikan lingkaran yang kedua dengan menggunakan Hide/Show. Klik pada lingkaran kecil.
7. Buatlah
lingkaran melalui titik A dan titik B dengan jari-jari AB dengan menggunakan Circle.
8. Buatlah
titik perpotongan kedua lingkaran tersebut menggunakan Intersection Point beri nama C dan D lalu sembunyikan kedua
lingkaran-lingkaran tersebut dengan menggunakan Hide/Show.
9. Buatlah
garis dengan menggunakan Segment dari
titik C ke D. CD adalah garis singgung melalui satu titik pada lingkaran.
B.
Garis
Singgung melalui Titik di Luar Lingkaran
1. Buatlah
lingkaran menggunakan Circle dengan
diameter yang diinginkan. Beri nama titik pusat lingkaran O menggunakan Label. Buatlah titik di luar lingkaran
menggunakan Point.
2. Beri nama P
pada titik tersebut dengan menggunakan Label,
kemudian tarik garis dari titik O ke titik P dengan menggunakan Segment.
3. Buatlah
titik tengah garis OP dengan menggunakan Midpoint.
Klik pada garis OP.
4. Beri nama
titik tengah tersebut dengan Label Q.
Lalu buatlah lingkaran dengan menggunakan Circle
pada titik Q dengan jari-jari QO. Buatlah titik potong lingkaran yang pertama
dengan lingkaran yang kedua dengan Intersection
Point dan beri Label A dan B.
5. Sembunyikan
lingkaran kedua dengan menggunakan Hide/Show.
6. Buatlah
garis dengan menggunakan Segment dari
titik A ke titik P dan dari titik B ke titik P. Garis tersebut adalah garis
singgung melalui titik di luar lingkaran.
C.
Garis
Singgung Persekutuan Luar
1. Buatlah 2
lingkaran dengan menggunakan Circle,
beri nama titik pusat lingkaran pertama A dan titik pusat lingkaran kedua B
dengan menggunakan Label.
2. Tarik garis
dari titik A ke titik B dengan Segment.
Lalu buatlah titik tengah dari garis AB menggunakan Midpoint. Beri nama titik tengah tersebut O menggunakan Label.
3. Buatlah
lingkaran dengan pusat O dengan jari-jari OA menggunakan Circle. Lalu hitung
jari-jari lingkaran A dan lingkaran B menggunakan Distance or Length. Klik titik A lalu klik lingkarannya, maka
itulah jari-jarinya. Lakukan hal yang sama untuk lingkaran B.
4. Hitunglah
selisih dari jari-jari lingkaran A dan jari lingkaran B dengan menggunakan Calculate. Klik panjang jari-jari
lingkaran A dikurang panjang jari-jari lingkaran B, maka akan muncul hasilnya.
5. Buatlah
lingkaran melalui titik A dengan jari-jari sesuai selisih jari-jari kedua
lingkaran awal.
6. Buatlah
titik potong lingkaran tersebut dengan lingkaran yang berpusat di O menggunakan
Intersection Point. Beri Label
P, Q, R, dan S.
7. Sembunyikanlah
lingkaran yang berpusat di titik O dan lingkaran dari hasil selisih kedua
lingkaran awal serta ukuran panjang jari-jarinya menggunakan Hide Show.
8. Tarik garis
dari titik A ke titik Q lalu ke titik P dan dari titik A ke titik R lalu ke
titik S menggunakan Segment.
9. Buatlah
lingkaran dari titik P dengan jari-jari sepanjang PB, begitu juga dari titik S
sepanjang SB. Lalu buatlah titik potong dari lingkaran-lingkaran tersebut
dengan lingkaran yang berpusat di titik B, beri Label T dan U.
10. Sembunyikanlah
kedua lingkaran tersebut.
11. Tarik garis
dari titik T ke titik B, lalu dari titik B ke titik U. Kemudian tarik garis
dari titik P ke titik T, dan dari titik S ke titik U dengan menggunakan Segment.
Garis tersebut adalah garis singgung persekutuan luar.
D.
Garis
Singgung Persekutuan Dalam
1. Buatlah 2
lingkaran dengan menggunakan Circle,
beri nama titik pusat lingkaran pertama H dan titik pusat lingkaran kedua I
dengan menggunakan Label.
2. Tarik garis
dari titik H ke titik I dengan Segment.
Lalu buatlah titik tengah dari garis HI menggunakan Midpoint. Beri nama titik tengah tersebut O menggunakan Label.
3. Buatlah
lingkaran dengan pusat O dengan jari-jari OH. Lalu hitung jari-jari lingkaran H dan
lingkaran I menggunakan Distance or
Length. Klik titik H lalu klik lingkarannya, maka itulah jari-jarinya.
Lakukan hal yang sama untuk lingkaran I.
4. Hitunglah
jumlah dari jari-jari lingkaran H dan jari lingkaran I dengan menggunakan Calculate. Klik panjang jari-jari
lingkaran H ditambah panjang jari-jari lingkaran I, maka akan muncul hasilnya.
Lalu buatlah lingkaran melalui titik H dengan jari-jari sesuai hasil jumlah
jari-jari kedua lingkaran awal.
5. Buatlah
titik potong lingkaran tersebut dengan lingkaran yang berpusat di O menggunakan
Intersection Point, beri Label
A dan B.
6. Tarik garis
dari titik H ke titik A, dan dari titik H ke titik B menggunakan Segment. Lalu buatlah titik perpotongan
dari kedua lingkaran yang berpusat di titik H menggunakan Intersection Point, dan beri Label
C dan D.
7. Sembunyikanlah
lingkaran yang berpusat di titik O dan lingkaran kedua yang berpusat di titik
H. Lalu buatlah lingkaran dengan pusat C dengan jari-jari sepanjang CI, begitu
juga lingkaran dengan pusat D dengan jari-jari sepanjang DI. Buatlah titik
perpotongan lingkaran tersebut menggunakan Intersection
Point, lalu beri Label E dan F.
8. Sembunyikanlah
kedua lingkaran tersebut. Lalu tarik garis dari titik E ke titik I lalu dari
titik I ke titik F. Kemudian tarik garis dari titik C ke titik F dan dari titik
D ke titik E dengan menggunakan Segment.
Garis tersebut adalah garis singgung persekutuan dalam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar