Rabu, 09 Oktober 2013

GEOGEBRA

Oleh : Kurniasih Try Utami


PEMANFAATAN GEOGEBRA



Geogebra adalah sebuah aplikasi komputer yang sekarang sering digunakan untuk membantu penyampaian materi dalam pembelajaran matematika. Geogebra sendiri sangat bermanfaat dalam pembelajaran matematika khususnya untuk mempelajari tentang geometri datar. 
Berikut ini beberapa langkah dalam pembuatan bangun segitiga beserta lingkaran dalam aplikasi Geogebra : 


A.   Langkah – langkah membuat segitiga :

1.        Klik program Geogebra
2.        Klick segment with given length from point



Gambar A.1

3.        Masukkan ukuran garis AB (misal garis A berukuran 6 cm)

 

Gambar A.2

4.        Masukkan ukuran garis BC (misal garis B berukuran 4 cm) 


Gambar A.3

5.        Klik move untuk memindahkan letak titik C 


Gambar A.4
hingga terbentuk gambar dibawah ini : 


 Gambar A.5

6.        Klik segment between two point 


Gambar A.6

7.        Lalu tarik garis dari titik C ke titik A untuk membuat garis CA



Gambar A.7 

B.   Langkah – langkah membuat sudut segitiga : 

1.        Klik Angle


Gambar B.1

2.        Pilih salah satu titik lalu pindahkan ke titik lain dengan searah jarum jam
Sudut A = titik B – A – C
Sudut B = titik C – B – A
Sudut C = titik A – C – B 


Gambar B.2

C.        Langkah – langkah membuat garis tinggi pada segitiga :

1.        Klik Perpendiculer Line



Gambar C.1

2.        Klik dari titik ke depan garis sudut hingga terbentuk gambar dibawah ini 


Gambar C.2

3.        Klik intersect two object untuk membuat titik di tengah 

 Gambar C.3
4.        Maka terbentuklah titik D

Gambar C.4

Agar tidak mengganggu saat membentuk garis bagi maka garis – garis dihilangkan terlebih dahulu tanpa dihapus dengan cara di hidden. 

D.       Langkah – langkah membuat garis bagi pada segitiga :

1.        Klik Angle Bisector 

Gambar D.1

2.        Pilih salah satu titik ke titik lain dengan searah jarum jam (seperti membuat sudut) 

Gambar D.2

3.        Klik intersect two object untuk membuat titik di tengah
4.        Maka terbentuklah titik E

Gambar D.3

Agar tidak mengganggu saat membentuk garis berat maka garis – garis dihilangkan terlebih dahulu tanpa dihapus dengan cara di hidden.

E.        Langkah – langkah membuat garis berat pada segitiga :

1.        Klik midpoint or center 

Gambar E.1

2.        Klik di setiap garis yang akan dibagi sama panjang

Gambar E.2

3.        Klik Segment between two point dari titik pembagi garis ke titik sudut

Gambar E.3

4.        Klik intersect two object untuk membuat titik di tengah
5.        Maka terbentuklah titik I 

Gambar E.4

Agar tidak mengganggu saat membentuk garis sudut maka garis – garis dihilangkan terlebih dahulu tanpa dihapus dengan cara di hidden.

F.        Langkah – langkah membuat garis sudut pada segitiga :

1.        Klik perpendicular line (apabila sudah memiliki titik tengah)
2.        Klik pada titik tengah yang sudah diketahui ke alasnya dan seterusnya. Hingga terbentuk gambar dibawah ini 

Gambar F.1

3.        Klik intersect two object untuk membuat titik tengah
4.        Maka terbentuklah titik J 

Gambar F.2

G.       Langkah – langkah membuat lingkaran luar pada segitiga :

1.        Klik circle with center through point 

Gambar G.1

2.        Klik dari garis sudut segitiga tadi, yaitu titik J hingga terbentuk lingkaran luar seperti gambar dibawah ini : 

Gambar G.2

H.      Langkah – langkah membuat lingkaran luar dalam segitiga :

1.        Klik circle with center through point
2.        Klik dari garis bagi segitiga tadi, yaitu titik E

Gambar H.1

I.         Langkah – langkah membuat segitiga dalam lingkaran serta membentuk titik pusat dari segitiga pada lingkaran :

1.        Klik ctrl + N untuk membuat lembar kerja baru pada Geogebra
2.        Klik circle with center through point hingga terbentuk lingkaran dibawah ini :

Gambar I.1
3.        Klik polygon 

Gambar I.2

4.        Lalu klik sembarang tempat hingga terbentuk segitiga seperti ini :

Gambar I.3

5.        Klik perpendicular Bisector untuk membuat titik pusat 

Gambar I.4

(keterangan : Perpendicular Bisector digunakan karena segitiga tersebut belum memiliki titik tengah )
6.        Lalu klik pada garis sisi – sisi segitiga tersebut hingga terbentuk gambar dibawah ini :

Gambar I.5

7.        Klik intersect two object untuk membuat titik di tengah 

Gambar I.6




Tidak ada komentar:

Posting Komentar